Tips dan Trik Merawat Ayam Bangkok Unggulan Habis Tarung


12 Oktober 2018

Merawat ayam unggulan sehabis tarung sangatlah mutlak diberikan, karena ayam yang habis tarung pasti memiliki beberapa luka dan memar yang cukup parah sebab terkena pukulan taji dari lawan.

Ada beberapa perawatan yang harus diberikan dengan cepat pada ayam bangkok habis tarung, terlebih bila ayam mengalami cidera yang serius dan membutuhkan perhatian yang ekstra untuk memulihkan cidera dan luka yang dialami oleh ayam aduan.

Perawatan Ayam Bangkok Unggulan Habis Tarung

Berikut ini beberapa tips dan trik perawatan yang bisa anda coba praktekan dirumah untuk ayam aduan yang habis bertarung. Silahkan untuk disimak.

Penyembuhan Luka Ayam Bangkok

Bagian sayap, leher dan kepala merupakan bagian tubuh ayam yang sering mengalami cidera ketika berlaga. cidera tersebut harus segera diberi penanganan yang tepat agar cepat kering dan tidak menimbulkan infeksi. Cara merawat luka ayam tersebut bisa diberikan Obat Luka Dalam dan Repair Plus.

Pemulihan Saluran Pernapasan Ayam Bangkok

Selain luka pada bagian luar, ayam yang habis bertarung juga mengalami luka pada bagian dalamnya. Salah satu luka dalam yang si ayam derita yaitu luka pada bagian saluran pernapasan. Akibat cidera dalam ini, biasanya membuat ayam aduan menjadi kesulitan untuk bernapas. Untuk menghindari infeksi bakteri penyebab ngorok, kita bisa berikan antibiotik seperti Vaksin CRD, Top 1, dan Anti Snot CRD untuk menyembuhkan peradangan pada saluran pernapasan.

Pemulihan Stamina Ayam Bangkok

Stamina ayam bangkok yang habis ditarungkan harus segera dipulihkan dengan cepat, supaya ayam tidak terlalu kelelahan. Ada beberapa cara untuk membuat stamina ayam kembali pulih diantaranya yaitu jamu tradisional, jamu kemasan, dan air daun sirih.

Jamu tradisional banyak sekali macam dan bahannya, sehingga membuat para botoh menjadi kerepotan sendiri. Oleh karena itu, tak jarang pula ada orang yang memakai jamu kemasan seperti Jamu Mbah Joyo dan Jamu Dragon SN untuk pemulih tenaga ayam.

Selain dengan jamu tradisional dan jamu kemasan, ternyata ada cara lain untuk memulihkan stamina ayam aduan yaitu dengan memandikan ayam bangkok dengan air rebusan daun sirih dan jahe, karena air tersebut apuh mengembalikan otot – otot yang kaku.

Selama masa pemulihan sebaiknya ayam diusahakan untuk tidak melakukan aktivitas yan berat ataupun latihan yang berat. Dan juga jangan dekatkan ayam yang sedang dirawat dengan ayam jago lainnya, agar tidak terjadi pertarungan yang mampu membuat tubuh dan stamina ayam menjadi melemah kembali.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan tentang tips dan trik merawat ayam unggulan yang habis tarung. Sehabis tarung dan ketika proses pemulihan, upayakan agar ayam tidak melakukan akivitas fisik yang berat kaena hal tersebut mampu memperlambat pemulihan otot yang kaku dan cidera sehabis tarung.

Selain itu berikan juga makanan yang bergizi dan vitamin yang baik seperti Pur 592, Kaitong dan Vitop untuk mempercepat pemulihan si ayam bangkok aduan. Pemberian vitamin sesuai dengan dosis bertujuan untuk meningkatkan kualitas stamina ayam aduan.



Baca juga
  » 19 Oktober 2018
Kelebihan – Kelebihan yang Dimiliki Ayam Bangkok Wangkas Emas
Ayam bangkok wangkas emas adalah salah satu jenis ayam bangkok yang memiliki karakter yang unik sekali

  » 19 Oktober 2018
Keunggulan dan Kelemahan Ayam Bangkok Wiring Galih
Ayam bangkok wiring galih adalah ayam yang sangat terkenal di kalangan pecinta ayam bangkok